Tugas IMK Analisa Website jurang007
Monday, January 11, 2016
Edit
MAKALAH
ANALISIS WEBSITE PADA BLOG
Dari
Segi Accessibility
dan User Interface
Interaksi
Manusia dan Komputer
Oleh:
Muhammad
Aris Firmansyah (14.52.0038)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA
DAN KOMPUTER
STMIK PRADNYA
PARAMITA
MALANG
2016
Daftar Isi
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Selama
ini pengguna selalu Browsing di internet untuk mendapatkan informasi ataupun
hal-hal lain yang pengguna inginkan, dan tentunya informasi yang pengguna dapat
tersebut tak lepas dari media yang memberikannya, yaitu website, misalkan
pengguna ingin melihat video, berita, cerita, dan artikel-artikel lainnya.
Pengguna
yang melihat informasi tersebut di website ataupun weblog pribadi yang
dikategorikan dalam website media, ataupun pengguna ingin membeli sesuatu
barang di website yang bernama website e-commerce,
dan pengguna ingin mengetahui tempat – tempat wisata mana yang ingin pengguna
lihat dan itu dinamakan website wisata, sehubungan dengan analisis makalah ini
yang di bahas adalah mengenai Website Media, yaitu media informasi. Website
media yang menginformasikan berita-berita berupa artikel, berita tentang
teknologi, ilmu komputer, software, hardware, blogger, dan lain sebagainya yang
berkaitan dengan komputer.
Suatu website yang ramai
didatangi pengunjung dan memiliki kredibilitas tinggi di mata pengguna, tentu
tidak memperolehnya secara instan. Agar dapat tetap bertahan, sebuah website
perlu memperhatikan berbagai aspek baik dari segi accessibility dan user
interface hingga faktor-faktor
interaksi manusia lainnya. Hal inilah yang mendasari munculnya berbagai
penelitian dalam bidang pengembangan website.
Website
yang baik adalah yang pertama harus memiliki konten yang baik, memiliki admin
yang baik, tampilan yang baik, dan juga memiliki traffic dan ranking yang baik.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal hendaknya harus memperhatikan ragam
dialog, mulai dari umpan balik, kekuatan, keluwesan, kecepatan dan lain-lain.
Tampilan yang baik adalah tampilan yang menggunakan konsep RWB (Responsive Website Desain).
Untuk
mengetahui user interface atau tampilan user yang baik maka dilakukan analisis
terhadapa blog http://www.jurang007.blogspot.co.id/.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah
ada, rumusan masalah dapat diuraikan sebagai berikut :
·
Dilihat dari segi accessibility dan user interface.
·
Bagaimana menganalisis blog http://www.jurang007.blogspot.co.id/ dari
segi accessibility dan
user interface.
1.3 Tujuan
Dalam
pembuatan analisis ini bertujuan untuk :
·
Untuk mengetahui analisis dari suatu
website berdasarkan user friendy
interaksi antara manusia dengan komputer.
·
Memenuhi tugas perkuliahaan dalam mata
kuliah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer)
·
Mengetahui hasil dari analisi blog
pribadi http://www.jurang007.blogspot.co.id/
1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat
dari penelitian analisis website http://www.jurang007.blogspot.co.id/
·
Sebagai media pembelajaran dalam
analisis website.
·
Dapat memperbaiki kekurangan dari blog http://www.jurang007.blogspot.co.id/
·
Mendapatkan ilmu baru dalam membuat
website yang baik.
BAB II
LANDASAN TEORI
Dilihat dari accessibility website ini sangat ringan, dan
mudah di cari di mesin pencari (Google,bing dll), website ini tidak terlalu
berat, karena tidak terlalu meletakkan gadget atau fitur tambahan yang dinamis
seperti jam flash dan lain sebagainya, sehingga saat pengunjung membuka website
ini, tidak menunggu terlalu lama dan membuat pengunjung merasa tidak bosan saat
melihat website ini.
Dilihat dari website blogger yang
digunakan yaitu jurang007 website tersebut sangat mudah diingat karena website
tersebut tidak mengandung unsur yang berbeda misalkan huruf yang terlalu rumit
dan sulit untuk di hafalkan, yang sangat sulit di ingat terlebih lagi websitenya
menggunakan nama lain dari judul website tersebut.
Menurut
pendapat Dwi Prastowo dan Rifka Julianty, analisis merupakan
langkah untuk mengklarifikasi masalah yang ada ke dalam setiap bagian dan
pemahaman bagian tersebut guna mendapatkan pemahaman yang tepat serta untuk
keseluruhan dari masalah tersebut.
Tujuan umum dari accessibility antara lain:
1.
Memberikan
akses informasi yang jelas dan singkat pada user.
2.
Memberikan
pilihan yang tepat kepada user, melalui cara yang mudah dimengerti.
3.
Menempatkan hal penting dengan
penempatan yang tepat pada situs.
User
interface adalah cara program dan user berkomunikasi. Istilah
user interface atau interface kadang-kadang digunakan
sebagai penggati istilah HCI (Human
Computer Interaction). HCI (Human
Computer Interface) adalah semua aspek dari interaksi pengguna dan
computer, tidak hanya hardware. Semuanya yang terlhat dilayar, membaca dalam
dokumentasi dan dimanipulasi dengan keyboard (atau mouse) merupaka bagian dari user interface.
User Interface
berfungsi untuk menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan
system operasi, sehingga computer dapat digunakan. Dengan demikian, user interface bisa juga diartikan
sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat keras dan
lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Use
interface dari sisi software bias
berbentuk Graphical User Interface
(GUI) atau Command Line Interfae
(CLI), sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Aplle Desktop Bus (ADB),
USB, dan fire wire.
Menurut
Deborah J. Mayhew dalam Prinsip Umum Desain User Interface. Ada 17 prinsip yang
harus dipahami oleh perancang system, terutama untuk mendapatkan hasil yang
maksimal. Yakni :
1.
User
Compatibility : yang bisa berarti kesesuaian tampilan
dengan tipikal dari user.
2.
Product
Compatibility : istilah ini mengartikan bahwa produk
aplikasi yang dihasilkan juga harus sesuai. memiliki tampilan yang sama/serupa.
baik untuk user yang awam maupun yang ahli
3.
Task
Compatibility : berarti fungsional dari task/tugas
yang ada harus sesuai dengan tampilannya
4.
Work
Flow Compatibility : aplikasi bisa dalam satu tampilan
untuk berbagai pekerjaan. Jika tampilan yang ada hanya untuk satu pekerjaan
saja. misal untuk kirim mail, maka kita harus membuka tampilan tersendiri untuk
daftar alamat.
5.
Consistency
: konsisten berarti tidak berubah-ubah dalam pembuatannya.
6.
Familiarity
: Icon disket akan lebih familiar jika digunakan untuk perintah menyimpan.
7.
Simplicity
: aplikasi harus menyediakan pilihan default untuk suatu pekerjaan.
8.
Direct
Manipulation : manipulasi secara langsung. misalnya
untuk mempertebal huruf, cukup dengan ctrl+B.
9.
Control
: memberikan kontrol penuh pada user.
10.
WYSIWYG
: What You See Is What You Get, membuat tampilan mirip seperti kehidupan nyata
user. dan pastikan fungsionalitas yang ada berjalan sesuai tujuan.
11.
Flexibility
: tool/alat yang bisa digunakan user. tidak hanya terpaku pada keyboard atau
mouse saja.
12.
Responsiveness
: tampilan yang dibuat harus ada responnya. misal, yang sering kita lihat
ketika ada tampilan please wait... 68%...
13.
Invisible
Technology : user tidak penting mengetahui algoritma apa yang
digunakan. Contohnya untuk mengurutkan pengguna tidak perlu mengetahui
algoritma yang digunakan programmer (max sort, bubble sort, quick sort, dst)
14.
Robustness
: Dapat mengakomodir kesalahan user.
15.
Protection
: melindungi user dari kesalahan yang umum dilakukan. misalnya dengan
memberikan fitur back atau undo.
16.
Ease
of Learning : aplikasi. mudah dipelajari
17.
Ease
of use : aplikasi harus mudah digunakan
2.2.2 Desain Minimalis dalam User
Interface
Menurut Brian Gardner, desain tampilan website minimalis
membuat pengunjung menjadi lebih betah. Dia juga menuliskan tentang desain baru
itu di blognya. Lalu di bagian comment, banyak sekali tanggapan yang
menyatakan suka dengan desain barunya tersebut. Tampilan yang lega, color
palette yang sederhana tanpa banyak corak, dan karakter khas para blogger yang
easy going sangat tercermin di desain yang dkatakan klasik tersebut. Dengan
tampilan desain yang sangat klasih di http://briangardner.com/ yang menjadi acuan untuk
memilih pola warna yang pas dan sangat sedikit.
Web design minimalis dapat diartikan sebagai desain web yang
simpel, tidak terlalu banyak warna, dan mudah navigasinya. Web minimalis
cenderung digemari karena web seperti ini biasanya mudah dimengerti dan mudah
diakses.Website yang memiliki terlalu banyak elemen dan link bisa membuat user
bingung, terutama jika user tersebut tidak terlalu akrab dengan dunia internet,
dan ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan.
Web minimalis harus memiliki warna,
tekstur, background dan elemen yang sederhana dengan tambahan satu atau dua
objek besar sebagai titik fokus. Sehingga saat diakses, mata user akan
cenderung mengarah pada satu atau dua titik itu saja. Web minimalis biasanya
hanya memuat unsur-unsur yang dianggap penting, widget dan link-link tidak
penting dan sekiranya tidak berfungsi lebih baik ditinggalkan. Tetapi dalam
penghilangan elemen inipun juga harus harus hati-hati, jangan sampai website
menjadi 'pincang' gara-gara kehilangan fitur pentingnya.
Warna kuat dan aksen unik pada objek
tertentu bisa ditambahkan sebagai penguat fokus. Karena secara keseluruhan
bersifat minimalis maka objek-objek yang akan dijadikan fokus tersebut harus
dibuat seunik mungkin. Intinya, web tersebut tidak boleh kehilangan elemen
artistik dan psikologisnya. Sekalipun tidak banyak mengandung objek didalamnya,
web minimalis juga harus memenuhi prinsip-prinsip desain grafis, baik dari segi
balance, alignment, hingga contrast-nya.
Web minimalis memang terlihat
simpel, tapi bagi orang-orang yang tidak terbiasa akan sangat sulit menemukan
bentuk dan layout yang minim tetapi manis. Beberapa tips elemen yang sekiranya
bisa digunakan antara lain:
- Menggunakan kombinasi warna putih - abu-abu - hitam untuk object yang tidak ingin ditonjolkan. Abu-abu bisa dipecah dalam banyak warna lagi, dari abu-abu muda hingga abu-abu tua. Kombinasi warna ini akan memunculkan kesan minimalis dan netral karena pergerakan warna putih abu-abu hitam sebenarnya bukanlah warna, dia hanya bermakna 'gelap dan terang'. (itulah kenapa foto dan TV hitam-putih sering disebut TV dan foto 'tidak berwarna').
- Menggunakan satu atau dua warna kuat pada objek-objek yang ingin ditonjolkan dan ingin dijadikan fokus. Warna-warna kuat ini bisa biru tua, hitam, merah hati, maupun hijau army. Penjelasan mengenai warna dapat dilihat di artikel "warna dalam website".
- Menggunakan font yang unik pada beberapa elemen yang ingin ditonjolkan.
- Meliibatkan flash atau javascript agar elemen-elemen tertentu bisa bergerak. Hal ini penting agar website tidak terkesan 'mati'.
- Menggunakan susunan layout atau gambar yang berbeda-beda pada setiap halaman website. Memang agak susah, tetapi hal tersebut dapat membuat web minimalis tidak terlihat membosankan.
Web design minimalis memang menjadi
trend akhir-akhir ini. Web design minimalis dianggap lebih ringan, komunikatif,
dan elegan. Tetapi web design minimalis yang melupakan unsur-unsur artistik dan
psikologisnya dapat membuat web tersebut terlihat membosankan, terkesan
'biasa', bahkan 'mati'.
Kesimpulannya: ternyata konsep web
minimalis memang bisa disulap menjadi website yang sangat manis. Memang,
sekalipun terlihat sederhana website-website di atas cukup rumit dan menguras
ide kreatif.
BAB III
ANALISIS WEBSITE
Analisis merupakan aktivitas
yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu
untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian
dicari kaitannya dan ditafsirkan maknanya. Dalam pengertian yang lain, analisis
adalah sikap atau perhatian terhadap sesuatu (benda, fakta, fenomena) sampai
mampu menguraikan menjadi bagian-bagian, serta mengenal kaitan antarbagian
tersebut dalam keseluruhan. Analisis dapat juga diartikan sebagai kemampuan
memecahkan atau menguraikan suatu materi atau informasi menjadi
komponen-komponen yang lebih kecil sehingga lebih mudah dipahami.
Jadi,
dari pengertian analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa analisis adalah
sekumpulan aktivitas dan proses. Salah satu bentuk analisis adalah merangkum
sejumlah besar data yang masih mentah menjadi
informasi yang dapat diinterpretasikan. Semua bentuk analisis berusaha
menggambarkan pola-pola secara konsisten dalam data sehingga hasilnya dapat
dipelajari dan diterjemahkan dengan cara yang singkat dan penuh arti.
1. Menurut Yuhefizar,
Web adalah suatu metode untuk menampilan informasi di internet, baik berupa
teks, gambar, suara maupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk
menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat
diakses melalui sebuah browser.
2. Menurut
A. Taufiq Hidayatullah, Web adalah bagian paling terlihat sebagai jaringan
terbesar dunia, yakni intrenet.
Tujuan kita membuat web adalah
menyediakan informasi. Bagaimana kita membuat informasi tersebut dapat diakses
dengan mudah dan baik oleh user? Itulah tantangan kita agar dapat memenuhi user
requirements tersebut. User adalah yang dapat menentukan apakah website
tersebut ingin dibaca atau di-close. Kesan pertama melihat website itu penting.
Kesan pertama banyak didapatkan dari:
1. Waktu loading website
2. Konten yang bermanfaat
3. Aksesibilitas, dan
4. Tampilan
Loading time ditentukan dari
kapasitas akses user yang berbeda-beda (bandwith, komputer), ukuran file
halaman web+file-file lainnya (image, audio, style, animasi, dll), selain itu,
penggunaan komponen web (banner, icon ,image navigasi) juga dapat mempengaruhi
loading time. Untuk pengisian konten hendaknya orisinal, bermanfaat, global
atau justru lokal valuable, dan terstruktur dengan baik. Bagian yang penting
lainnya adalah design dan usefulness. Dalam melakukan perancangan (design) kita
harus memperhatikan estetika yang padu antara warna, layout, elemen, dan
tipografi. yang merupakan syarat untuk usefulness adalah utilitas, fungsionalitas,
aksesibilitas, dan menggunakan teknologi yang tepat.
Seperti yang telah dijelaskan
sebelumnya, bahwa tujuan membuat web adalah menyebarkan informasi, oleh karena
itu sebuah website harus dapat diakses oleh seluas-luasnya pengguna. Setiap
orang hendaknya dapat menikmati informasi dalam sebuah situs tak terkecuali
bagi orang-orang dengan keterbatasan (fisik, teknologi, dll).dalam pembangunan
sebuah situs web diharapkan tidak gegabah agar hasil yang diperoleh lebih
maksimal dan dapat “dinikmati” berbagai keadaan user.
Web usability adalah salah
satu faktor penting dalam membangun sebuah web. Pengembang harus memahami
prinsip-prinsip usability sebelum mengimplemen-tasikannya pada sebuah web.
Usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user
interface untuk digunakan (Jacob Nielsen). Usability juga mengacu kepada metode
untuk meningkatkan kemudahan penggunaan selama proses perancangan.
Usability didefenisikan
melalui lima komponen, yaitu :
a. Learnability
Learnability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna untuk memenuhi task-task dasar ketika pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan.
Learnability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna untuk memenuhi task-task dasar ketika pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan.
b. Efficiency
Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah mereka mempelajari hasil perancangan.
Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah mereka mempelajari hasil perancangan.
c. Memorability
Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya.
Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya.
d. Errors
Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan terhadap error dan cara memperbaiki error.
Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan terhadap error dan cara memperbaiki error.
e. Satisfaction
Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.
Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.
Mengapa usability penting?
Untuk memikat user agar mengunjungi situs tersebut, karena jika sebuah website
sulit digunakan, jika sebuah website tidak berisi informasi yang dicari user,
jika sebuah website tidak menuntun user apa yang harus dilakukan, dan jika user
“tersesat” pada website yang dikunjungi maka tombol close [X] pasti di-klik!.
Website blog jurang007.blogspot.co.id adalah blog yang bergerak dalam bidang Teknologi Komputer. Dasar di buat web jurang007 adalah untuk berbagi informasi tentang Ilmu komputer yang mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisis abstrak algoritma, bahasa pemrograman, perangkat lunak, perangkat keras, Ilmu Komputer, pemrograman komputer, rekayasa perangkat lunak, software, hardware.
Penjelasan diatas termasuk dalam deskripsi dari website jurang007.blogspot.co.id. Dengan banyak pertimbangan dan analisis yang didapat dari deskripsi diatas adalah untuk membuat website tersebut menjadi banyak pengunjung yang membutuhkan informasi tentang Ilmu computer dari pengguna pengunjung yang kebanyakan dari search engine. Pastinya kelebihan website blog tersebut ada didalam search engine google.com, yahoo.com, dll.
BAB IV
IMPLEMENTASI BLOG
Jurang007.Blogspot.Co.Id
4.1 Tampilan Awal Jurang007.blogspot.co.id Dari Segi Accessibility
Didalam analisi blog jurang007.blogspot.co.id
ini mengambil konsep Accessibility dan
user interface . Dalam konsep accessibility ada beberapa faktor penting
yang menjadi point yaitu :
1.
Learnability
2.
Satisfaction
3. Errors
4. Memorability
5. Efficiency
Dari ke 5 aspek diatas blog jurang007.blogspot.co.id telah memenuhi
syarat, dimana tata telak isi blog sudah Responsive Blog, terdapat Related
Article, dan memudahkan pengunjung untuk menyerap informasi-informasi yang ada.
Tampilan muka website :
4.1.1 Accessibility dalam Search Engine
Faktor penting
berikutnya dalam pembuatan website adalah search engine atau mesin pencarian.
Dengan adanya fitur pencarian ini user dapat dengan mudah mencari informasi apa
yang diinginkan dalam website yang user kunjungi tanpa harus membuang-buang
waktu. Hanya dengan memasukan kata kunci user sudah dapat menemukan informasi
yang user inginkan.
Search
Engine saat ini
sudah menjadi fitur standar dari setiap web browser baik di PC, laptop, ataupun
smartphone. Search Engine juga dapat digunakan dengan mudah setiap saat. Ketika
user melakukan pencarian pada sebah search engine, user akan memperoleh hasil
yang beravariasi, mulai dari link, bentuk file seperti PDF dan word, ataupun
format lainnya. Search engine bekerja dengan mengurutkan keakuratan informasi
antara keyword yang dimasukkan dengan isi dari sebuah halaman website.
4.1.1.1 Pengertian Search Engine
Sebenarnya, pengertian search engine
tidak terlalu banyak disinggung oleh para ahli, karena definisi dari search
engine yang sebenarnya cukup simple dan mudah untuk dipahami. . Apabila
diartikan secara harafiah, search engine atau mesin pencari merupakan sebuah
software atau program komputer yang digunakan untuk melakukan pencarian data
dan juga berkas yang tersimpan di dalam server dan juga database dari www,
blog, ftp, publikasi, milis, dan juga portal.
Selain itu, search engine juga bisa diartikan
sebagai sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu dalam mencari
informasi di dalam sebuah jaringna internet. Lebih lanjut juga dikatakan bahwa
search engine memiliki sebuah database elektronik yang berisi miliaran situs –
situs yang ada di dunia untuk membantu menampilkan hasil pencarian secara
maksimal.
4.1.1.2 Cara kerja search engine
Pada dasarnya, cara kerja search
engine mirip seperti penggunaan perpustakaan elektronik, dimana ketika kita
memasukan nama buku, maka seluruh data yang ada di dalam database muncul di
dalam form hasil pencarian. Begitu pula dengan search engine. Bedanya adalah,
search engine tersambung ke berbagai server dan juga database di seluruh dunia,
untuk dapat memberikan banyaknya pilihan hasil yang direkomendasikan.
Ada dua kriteria pemberian hasil
pencarian yang dilakukan oleh sebuah search engine, yaitu :
- Relevansi antara keyword dengan isi dari sebuah halaman web, dan
- Banyaknya pengunjung dari sebuah website.
Berdasarkan kriteria tersebut, maka
search engine mampu untuk menampilkan halaman apa saja yang sesuai degnan topic
yang dicari. Berikut ini adalah cara kerja dari search engine secara singkat :
- User memasukkan keyword atau pencarian pada search engine –
- Search engine akan melakukan perhitungan mengenai keyword yang diinginkan –
- Search engine akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan keyword, dari berbagai macam web yang tersedia
- User tinggal memilih web mana yang akan dikunjungi.
4.1.1.3 Contoh dari Searh Engine
Saat ini, penggunaan dari sebuah search engine memang sudah
sangat umum digunakan secara luas. Hal ini pun kemudian didukung dengan berkembangnya
beberapa search engine yang banyak digunakan. Berikut ini adalah beberapa
contoh dari search engine yang banyak digunakan oleh user
di seluuh dunia:
1. Google
Siapa yang tidak kenal dengan search
engine yang satu ini? Ya, Google merupakan salah satu search engine terbesar
yang paling banyak digunakan oleh user di seluruh dunia. Apabila membicarakan
mengenai search engine, maka google adalah topic utamanya.
Saat ini, penggunaan dari Google
sudah mencapai lebih dari bemiliar kali pencarian di seluruh dunia. Hal ini
kemudian menimbulkan makna bahwa Google tahu segalanya, dan dapat dengan mudah
membantu user dalam mencari tugas.
Search engine kedua yang bisa anda
kunjungi adalah Yahoo Search. Pada awalnya, yahoo search diperuntukan hanya untuk
mencari bookmark yang ada di dalam internet, sehingga pencarian menggunakan
Yahoo hanya menampilkan hasil berupa halaman yang sering dibookmark.
Namun demikian, hingga saat ini,
penggunaan yahoo sama seperti google, meskipun dari segi penggunaan user dan
juga penghasilan masih kalah jauh apabila dibandingkan dengan google.
3. Bing
Bing merupakan search engine lainnya
yang saat ini mulai banyak digunakan. Bing merupakan keturunan dari MSN Search
dan juga Live Search, yang merupakan program yang bernaung di bawah induk
Microsoft, salah satu raksasa teknologi besar di dunia.
Namun demikian, meskipun merupakan program yang dikembangkan
oleh Microsoft, penggunaan Bing masih kalah juga dengan penggunaan Google
sebagai search engine.
4. Ask
Ask.Com merupakan contoh search
engine lainnya. Ask merupakan salah satu search engine yang mulai bangkit lagi
sejak diciptakan pada tahun 1996 oleh Gerret Gruener dan juga David Warthen.
Saat ini penggunaan search engine dengan menggunakan ask sudah mulai banyak digunakan
oleh user internet di dunia.
Ke empat contoh search engine di
atas adalah beberapa contoh search engine yang populer pada saat ini. Sebelum
kejayaan dari google dan juga yahoo, sudah adala beberapa search engine lainnya
yang sukses dan banyak digunakan pada era 1997, seperti Altavista, HotBot,
Exite, InfoSeek dan juga Lycos.
Hingga sat ini, selain Google, Yahoo, Bing, dan juga Ask,
masih ada beberapa search engine lainnya yang masih bertahan untuk keperluan
tertentu.
4.1.1.4 Fungsi dan juga manfaat dari search engine
Fungsi utama dari sebuah search
engine tentu saja untuk mencari informasi mengenai suatu topic. User cukup
memasukkan topic atau keyword yang akan dicari, maka dalam sekejap berbagai
halaman, mulai dari blog, website, milis, dan juga portal yang sesuai dengan
kata kunci pencarian anda akan muncul. Selain itu, search engine juga memilki
beberapa manfaat lainnya, seperti :
- Membantu mengerjakan tugas
- Menambah wawasan umum dari user
- Monetize website (memanfaatkan teknik – teknik search engine optimization / SEO)
Terdapat contoh website dari jurang007.blogspot.co.id yang ada
screenshoot dari search engine dalam google.com :
Dari
gambar diatas, terlihat bahwa user sedang mencari dengan keyword “Kampus It
Swasta Di Malang” dari search engine menggunakan google.com. website jurang007
terletak di urutan kedua dari halaman pertama. Dan dari sekitar 437.000
website yang bersaing tentang keyword tersebut.
4.1.1.5 Keunggulan dari search engine
Search engine sendiri, selain
memiliki beberapa manfaat, juga memilki beberapa keunggulan yang dapat
mempermudah pencarian user. berikut ini adalah beberapa keunggulan dari sebuah
search engine :
- Terintegrasi dengan miliaran website yang ada di dunia
- Memiliki fitur safe search
- Memiliki fitur custom search
- Cepat dalam melakukan proses pencarian data (hanya sepersekian detik)
- Pilihan informasi yang dihasilkan banyak dan focus pada satu topik
4.2 Dari Segi User Interface
Dari segi interface website jurang007 dapat diamati menggunakan ragam dialog, yaitu :
4.2.1 Beban Informasi
Beban
informasi merupakan penyampaian informasi kepada pengguna sesuai kebutuhan
pengguna. Berikut adalah gambar tentang header :
Beban informasi pada website blog jurang007 adalah tentang teknologi,
ilmu komputer, tutorial yang berkaitan dengan software dan hardware.
4.2.2 Penggelompokkan Menu dan Sub-Menu
Pengelompokkan ini bertujuan
untuk mempermudah pengguna mengakses menu-menu tertentu. Pada website ini,
pengelompokkan dilakukan berdasarkan kedekatan fungsionalitas kategori-kategori
yang diberikan. Pengelompokkan menu ini terdiri dari sebelas bagian utama pada
halaman home. Ada menu-menu tertentu yang jika kita click akan muncul sub-sub
menu lainnya.
Pada bagian ini masih aman
dari standar yang dipakai pada umumnya. Namun, jika kita sudah pernah
mengunjungi sebelumnya bagian sub-menu terdalam, warna dari font ini tidak
berubah. Kita bisa berulang-ulang mengunjungi bagian menu tersebut karena kita
tidak diberi tanda bahwa sudah pernah ke bagian tersebut sebelumnya dan
ditambah terdapat banyak sub-menu yang disediakan. Ini sangat memakan biaya dan
waktu. Jadi, sebaiknya diberi tanda bahwa kita sudah pernah ke bagian sub-menu
tersebut.
Screen resolution
digunakan jika halaman website memenuhi layar komputer pengguna. Maka ketika
pengguna mengakses halaman website tersebut pengguna harus menggeserkan
scrolling kearah kanan dan kiri atau kearah atas dan bawah tentu saja hal ini
kurang bagus dimata pengunjung. Namun website blog jurang007 ini cukup baik dalam memperhatikan faktor screen
resolution ini, halaman website ini dibuat menggunakan ukuran yang dinamis,
dimana pengunjung tidak perlu menggunakan scroll untuk melihat keseluruhan
halaman website.
Tentu saja ini
merupakan kelebihan dari website ini. Resolution harus bersifat responsive dan
relative. Jika browser diperkecil atau resolusi 64 ataupun 32 tetap responsive,
karena tampilan masih dapat fleksibel.
Dari gambar diatas, dapat disimpulkan sehingga
pengguna tidak perlu kwatir dengan adanya perbedaan resolusi.
Menu kontak
biasanya disediakan oleh setiap website untuk mendapatkan pertanyaan, komentar,
saran, dan kritik yang berguna bagi pengembang website tersebut. Website blog jurang007 juga menyediakan menu Contact
Us.
PENUTUP
5.1
KESIMPULAN
Web yang
desain minimalis dengan menggunakan responsive desain dapat
beradaptasi dengan optimal
dalam perangkat apapun yang
digunakan untuk mengaksesnya, berupa
respon secara otomatis atau
penyesuaian ukuran web terhadap
ukuran layar perangkat
yang digunakan sehingga memberikan kenyamanan pengguna
pada saat mengakses web yang berbeda resolusipun.
Keuntungan penggunaan
responsive desain yang minimalis desain
bagi pengembang adalah pengembang dapat
memperkuat kecepatan dan mempermudah untuk pengunjung yang sedang meng
akses.
Tidak
semua jenis website yang dirancang
akan sesuai menggunakan
responsive desain yang minimalis,
karena jika website
yang dibuat mengutamakan tampilan
gambar sebagai desain utama
website tersebut maka resource
atau sumber daya
yang digunakan oleh mobile device akan
sama dengan yang digunakan
oleh komputer desktop sehingga
dapat berpengaruh terhadap kecepatan
akses ke halaman website tersebut. Dalam kata lain
menjadi lebih berat.
Daftar Pustaka
·
http://dailyhilman.blogspot.co.id/2014/12/analisa-website-pt-mayindo-tritunggal.html
·
http://rulie.ilearning.me/2013/10/20/konsep-website-minimalist-2/
·
http://dilihatya.com/1569/pengertian-search-engine-menurut-para-ahli
·
http://dosenit.com/software/search-engine/pengertian-search-engine
·
http://www.chaidir.web.id/mempercepat-ukuran-loading-blog-tool/
·
https://depampam.wordpress.com/2012/02/10/tugas-imk-analisis-web-terbaik-versi-dany/