Facebook Twitter
Gratis berlangganan artikel jurang007 via mail, join sekarang!

a-ads

a-ads

Monday, January 11, 2016

2
Tugas IMK Analisa Website jurang007

Apakah Agan ingin berbagi ?

Apakah Agan suka Artikel ini ?



MAKALAH

ANALISIS WEBSITE PADA BLOG

Dari Segi Accessibility dan User Interface

Interaksi Manusia dan Komputer

Oleh:
Muhammad Aris Firmansyah (14.52.0038)


logo baru.jpg




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STMIK PRADNYA PARAMITA
MALANG
2016
Daftar Isi






BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1  Latar Belakang

Selama ini pengguna selalu Browsing di internet untuk mendapatkan informasi ataupun hal-hal lain yang pengguna inginkan, dan tentunya informasi yang pengguna dapat tersebut tak lepas dari media yang memberikannya, yaitu website, misalkan pengguna ingin melihat video, berita, cerita, dan artikel-artikel lainnya.
Pengguna yang melihat informasi tersebut di website ataupun weblog pribadi yang dikategorikan dalam website media, ataupun pengguna ingin membeli sesuatu barang di website yang bernama website e-commerce, dan pengguna ingin mengetahui tempat – tempat wisata mana yang ingin pengguna lihat dan itu dinamakan website wisata, sehubungan dengan analisis makalah ini yang di bahas adalah mengenai Website Media, yaitu media informasi. Website media yang menginformasikan berita-berita berupa artikel, berita tentang teknologi, ilmu komputer, software, hardware, blogger, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan komputer.
Suatu website yang ramai didatangi pengunjung dan memiliki kredibilitas tinggi di mata pengguna, tentu tidak memperolehnya secara instan. Agar dapat tetap bertahan, sebuah website perlu memperhatikan berbagai aspek baik dari segi accessibility dan user interface  hingga faktor-faktor interaksi manusia lainnya. Hal inilah yang mendasari munculnya berbagai penelitian dalam bidang pengembangan website.
Website yang baik adalah yang pertama harus memiliki konten yang baik, memiliki admin yang baik, tampilan yang baik, dan juga memiliki traffic dan ranking yang baik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal hendaknya harus memperhatikan ragam dialog, mulai dari umpan balik, kekuatan, keluwesan, kecepatan dan lain-lain. Tampilan yang baik adalah tampilan yang menggunakan konsep RWB (Responsive Website Desain).
Untuk mengetahui user interface atau tampilan user yang baik maka dilakukan analisis terhadapa blog http://www.jurang007.blogspot.co.id/.

1.2  Rumusan Masalah

       Berdasarkan latar belakang yang telah ada, rumusan masalah dapat diuraikan sebagai berikut :
·         Dilihat dari segi accessibility dan user interface.
·         Bagaimana menganalisis blog http://www.jurang007.blogspot.co.id/ dari segi accessibility dan user interface.

 

1.3  Tujuan

Dalam pembuatan analisis ini bertujuan untuk :
·         Untuk mengetahui analisis dari suatu website berdasarkan user friendy interaksi antara manusia dengan komputer.
·         Memenuhi tugas perkuliahaan dalam mata kuliah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer)
·         Mengetahui hasil dari analisi blog pribadi http://www.jurang007.blogspot.co.id/

1.4  Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian analisis website http://www.jurang007.blogspot.co.id/
·       Sebagai media pembelajaran dalam analisis website.
·       Dapat memperbaiki kekurangan dari blog http://www.jurang007.blogspot.co.id/
·       Mendapatkan ilmu baru dalam membuat website yang baik.







BAB II

LANDASAN TEORI


Dilihat dari accessibility website ini sangat ringan, dan mudah di cari di mesin pencari (Google,bing dll), website ini tidak terlalu berat, karena tidak terlalu meletakkan gadget atau fitur tambahan yang dinamis seperti jam flash dan lain sebagainya, sehingga saat pengunjung membuka website ini, tidak menunggu terlalu lama dan membuat pengunjung merasa tidak bosan saat melihat website ini.
Dilihat dari website blogger yang digunakan yaitu jurang007 website tersebut sangat mudah diingat karena website tersebut tidak mengandung unsur yang berbeda misalkan huruf yang terlalu rumit dan sulit untuk di hafalkan, yang sangat sulit di ingat terlebih lagi websitenya menggunakan nama lain dari judul website tersebut.
Menurut pendapat Dwi Prastowo dan Rifka Julianty, analisis merupakan langkah untuk mengklarifikasi masalah yang ada ke dalam setiap bagian dan pemahaman bagian tersebut guna mendapatkan pemahaman yang tepat serta untuk keseluruhan dari masalah tersebut.
Tujuan umum dari accessibility antara lain:
1.        Memberikan akses informasi yang jelas dan singkat pada user.
2.        Memberikan pilihan yang tepat kepada user, melalui cara yang mudah dimengerti.
3.        Menempatkan hal penting dengan penempatan yang tepat pada situs.

            User interface adalah cara program dan user berkomunikasi. Istilah user interface atau interface kadang-kadang digunakan sebagai penggati istilah HCI (Human Computer Interaction). HCI (Human Computer Interface) adalah semua aspek dari interaksi pengguna dan computer, tidak hanya hardware. Semuanya yang terlhat dilayar, membaca dalam dokumentasi dan dimanipulasi dengan keyboard (atau mouse) merupaka bagian dari user interface.
            User Interface berfungsi untuk menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi, sehingga computer dapat digunakan. Dengan demikian, user interface bisa juga diartikan sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat keras dan lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Use interface dari sisi software bias berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command Line Interfae (CLI), sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Aplle Desktop Bus (ADB), USB, dan fire wire.

            Menurut Deborah J. Mayhew dalam Prinsip Umum Desain User Interface. Ada 17 prinsip yang harus dipahami oleh perancang system, terutama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Yakni  :
1.      User Compatibility : yang bisa berarti kesesuaian tampilan dengan tipikal dari user.
2.      Product Compatibility : istilah ini mengartikan bahwa produk aplikasi yang dihasilkan juga harus sesuai. memiliki tampilan yang sama/serupa. baik untuk user yang awam maupun yang ahli
3.      Task Compatibility : berarti fungsional dari task/tugas yang ada harus sesuai dengan tampilannya
4.      Work Flow Compatibility : aplikasi bisa dalam satu tampilan untuk berbagai pekerjaan. Jika tampilan yang ada hanya untuk satu pekerjaan saja. misal untuk kirim mail, maka kita harus membuka tampilan tersendiri untuk daftar alamat.
5.      Consistency : konsisten berarti tidak berubah-ubah dalam pembuatannya.
6.      Familiarity : Icon disket akan lebih familiar jika digunakan untuk perintah menyimpan.
7.      Simplicity : aplikasi harus menyediakan pilihan default untuk suatu pekerjaan.
8.      Direct Manipulation : manipulasi secara langsung. misalnya untuk mempertebal huruf, cukup dengan ctrl+B.
9.      Control : memberikan kontrol penuh pada user.
10.  WYSIWYG : What You See Is What You Get, membuat tampilan mirip seperti kehidupan nyata user. dan pastikan fungsionalitas yang ada berjalan sesuai tujuan.
11.  Flexibility : tool/alat yang bisa digunakan user. tidak hanya terpaku pada keyboard atau mouse saja.
12.  Responsiveness : tampilan yang dibuat harus ada responnya. misal, yang sering kita lihat ketika ada tampilan please wait... 68%...
13.  Invisible Technology : user tidak penting mengetahui algoritma apa yang digunakan. Contohnya untuk mengurutkan pengguna tidak perlu mengetahui algoritma yang digunakan programmer (max sort, bubble sort, quick sort, dst)
14.  Robustness : Dapat mengakomodir kesalahan user.
15.  Protection : melindungi user dari kesalahan yang umum dilakukan. misalnya dengan memberikan fitur back atau undo.
16.  Ease of Learning : aplikasi. mudah dipelajari
17.  Ease of use : aplikasi harus mudah digunakan
2.2.2 Desain Minimalis dalam User Interface
Menurut Brian Gardner, desain tampilan website minimalis membuat pengunjung menjadi lebih betah. Dia juga menuliskan tentang desain baru itu di blognya. Lalu di bagian comment, banyak sekali tanggapan yang menyatakan suka dengan desain barunya tersebut. Tampilan yang lega, color palette yang sederhana tanpa banyak corak, dan karakter khas para blogger yang easy going sangat tercermin di desain yang dkatakan klasik tersebut. Dengan tampilan desain yang sangat klasih di http://briangardner.com/ yang menjadi acuan untuk memilih pola warna yang pas dan sangat sedikit.
Web design minimalis dapat diartikan sebagai desain web yang simpel, tidak terlalu banyak warna, dan mudah navigasinya. Web minimalis cenderung digemari karena web seperti ini biasanya mudah dimengerti dan mudah diakses.Website yang memiliki terlalu banyak elemen dan link bisa membuat user bingung, terutama jika user tersebut tidak terlalu akrab dengan dunia internet, dan ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan.
Web minimalis harus memiliki warna, tekstur, background dan elemen yang sederhana dengan tambahan satu atau dua objek besar sebagai titik fokus. Sehingga saat diakses, mata user akan cenderung mengarah pada satu atau dua titik itu saja. Web minimalis biasanya hanya memuat unsur-unsur yang dianggap penting, widget dan link-link tidak penting dan sekiranya tidak berfungsi lebih baik ditinggalkan. Tetapi dalam penghilangan elemen inipun juga harus harus hati-hati, jangan sampai website menjadi 'pincang' gara-gara kehilangan fitur pentingnya.
Warna kuat dan aksen unik pada objek tertentu bisa ditambahkan sebagai penguat fokus. Karena secara keseluruhan bersifat minimalis maka objek-objek yang akan dijadikan fokus tersebut harus dibuat seunik mungkin. Intinya, web tersebut tidak boleh kehilangan elemen artistik dan psikologisnya. Sekalipun tidak banyak mengandung objek didalamnya, web minimalis juga harus memenuhi prinsip-prinsip desain grafis, baik dari segi balance, alignment, hingga contrast-nya.
Web minimalis memang terlihat simpel, tapi bagi orang-orang yang tidak terbiasa akan sangat sulit menemukan bentuk dan layout yang minim tetapi manis. Beberapa tips elemen yang sekiranya bisa digunakan antara lain:
  • Menggunakan kombinasi warna putih - abu-abu - hitam untuk object yang tidak ingin ditonjolkan. Abu-abu bisa dipecah dalam banyak warna lagi, dari abu-abu muda hingga abu-abu tua. Kombinasi warna ini akan memunculkan kesan minimalis dan netral karena pergerakan warna putih abu-abu hitam sebenarnya bukanlah warna, dia hanya bermakna 'gelap dan terang'. (itulah kenapa foto dan TV hitam-putih sering disebut TV dan foto 'tidak berwarna').
  • Menggunakan satu atau dua warna kuat pada objek-objek yang ingin ditonjolkan dan ingin dijadikan fokus. Warna-warna kuat ini bisa biru tua, hitam, merah hati, maupun hijau army. Penjelasan mengenai warna dapat dilihat di artikel "warna dalam website".
  • Menggunakan font yang unik pada beberapa elemen yang ingin ditonjolkan.
  • Meliibatkan flash atau javascript agar elemen-elemen tertentu bisa bergerak. Hal ini penting agar website tidak terkesan 'mati'.
  • Menggunakan susunan layout atau gambar yang berbeda-beda pada setiap halaman website. Memang agak susah, tetapi hal tersebut dapat membuat web minimalis tidak terlihat membosankan.
Web design minimalis memang menjadi trend akhir-akhir ini. Web design minimalis dianggap lebih ringan, komunikatif, dan elegan. Tetapi web design minimalis yang melupakan unsur-unsur artistik dan psikologisnya dapat membuat web tersebut terlihat membosankan, terkesan 'biasa', bahkan 'mati'.
Kesimpulannya: ternyata konsep web minimalis memang bisa disulap menjadi website yang sangat manis. Memang, sekalipun terlihat sederhana website-website di atas cukup rumit dan menguras ide kreatif.



BAB III

ANALISIS WEBSITE

 

Analisis merupakan aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya dan ditafsirkan maknanya. Dalam pengertian yang lain, analisis adalah sikap atau perhatian terhadap sesuatu (benda, fakta, fenomena) sampai mampu menguraikan menjadi bagian-bagian, serta mengenal kaitan antarbagian tersebut dalam keseluruhan. Analisis dapat juga diartikan sebagai kemampuan memecahkan atau menguraikan suatu materi atau informasi menjadi komponen-komponen yang lebih kecil sehingga lebih mudah dipahami.
Jadi, dari pengertian analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa analisis adalah sekumpulan aktivitas dan proses. Salah satu bentuk analisis adalah merangkum sejumlah besar data yang masih mentah menjadi informasi yang dapat diinterpretasikan. Semua bentuk analisis berusaha menggambarkan pola-pola secara konsisten dalam data sehingga hasilnya dapat dipelajari dan diterjemahkan dengan cara yang singkat dan penuh arti.

1.      Menurut Yuhefizar, Web adalah suatu metode untuk menampilan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suara maupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser.
2.      Menurut A. Taufiq Hidayatullah, Web adalah bagian paling terlihat sebagai jaringan terbesar dunia, yakni intrenet.



Tujuan kita membuat web adalah menyediakan informasi. Bagaimana kita membuat informasi tersebut dapat diakses dengan mudah dan baik oleh user? Itulah tantangan kita agar dapat memenuhi user requirements tersebut. User adalah yang dapat menentukan apakah website tersebut ingin dibaca atau di-close. Kesan pertama melihat website itu penting. Kesan pertama banyak didapatkan dari:
1. Waktu loading website
2. Konten yang bermanfaat
3. Aksesibilitas, dan
4. Tampilan
Loading time ditentukan dari kapasitas akses user yang berbeda-beda (bandwith, komputer), ukuran file halaman web+file-file lainnya (image, audio, style, animasi, dll), selain itu, penggunaan komponen web (banner, icon ,image navigasi) juga dapat mempengaruhi loading time. Untuk pengisian konten hendaknya orisinal, bermanfaat, global atau justru lokal valuable, dan terstruktur dengan baik. Bagian yang penting lainnya adalah design dan usefulness. Dalam melakukan perancangan (design) kita harus memperhatikan estetika yang padu antara warna, layout, elemen, dan tipografi. yang merupakan syarat untuk usefulness adalah utilitas, fungsionalitas, aksesibilitas, dan menggunakan teknologi yang tepat.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa tujuan membuat web adalah menyebarkan informasi, oleh karena itu sebuah website harus dapat diakses oleh seluas-luasnya pengguna. Setiap orang hendaknya dapat menikmati informasi dalam sebuah situs tak terkecuali bagi orang-orang dengan keterbatasan (fisik, teknologi, dll).dalam pembangunan sebuah situs web diharapkan tidak gegabah agar hasil yang diperoleh lebih maksimal dan dapat “dinikmati” berbagai keadaan user.


Web usability adalah salah satu faktor penting dalam membangun sebuah web. Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum mengimplemen-tasikannya pada sebuah web. Usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user interface untuk digunakan (Jacob Nielsen). Usability juga mengacu kepada metode untuk meningkatkan kemudahan penggunaan selama proses perancangan.
Usability didefenisikan melalui lima komponen, yaitu :
a.       Learnability
Learnability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna untuk memenuhi task-task dasar ketika pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan.
b.      Efficiency
Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah mereka mempelajari hasil perancangan.
c.       Memorability
Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya.
d.      Errors
Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan terhadap error dan cara memperbaiki error.
e.       Satisfaction
Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.

Mengapa usability penting? Untuk memikat user agar mengunjungi situs tersebut, karena jika sebuah website sulit digunakan, jika sebuah website tidak berisi informasi yang dicari user, jika sebuah website tidak menuntun user apa yang harus dilakukan, dan jika user “tersesat” pada website yang dikunjungi maka tombol close [X] pasti di-klik!.

            Website blog jurang007.blogspot.co.id adalah blog yang bergerak dalam bidang Teknologi Komputer. Dasar di buat web jurang007 adalah untuk berbagi informasi tentang Ilmu komputer yang mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisis abstrak algoritma, bahasa pemrograman, perangkat lunak, perangkat keras, Ilmu Komputer, pemrograman komputer, rekayasa perangkat lunak, software, hardware.
            Penjelasan diatas termasuk dalam deskripsi dari website jurang007.blogspot.co.id. Dengan banyak pertimbangan dan analisis yang didapat dari deskripsi diatas adalah untuk membuat website tersebut menjadi banyak pengunjung yang membutuhkan informasi tentang Ilmu computer dari pengguna pengunjung yang kebanyakan dari search engine. Pastinya kelebihan website blog tersebut ada didalam search engine google.com, yahoo.com, dll.

BAB IV

IMPLEMENTASI BLOG

Jurang007.Blogspot.Co.Id


4.1  Tampilan Awal Jurang007.blogspot.co.id Dari Segi Accessibility

                        Didalam analisi blog jurang007.blogspot.co.id ini mengambil konsep Accessibility dan user interface . Dalam konsep accessibility ada beberapa faktor penting yang menjadi point yaitu :
1.       Learnability
2.      Satisfaction
3.      Errors
4.      Memorability
5.      Efficiency

            Dari ke 5 aspek diatas blog jurang007.blogspot.co.id telah memenuhi syarat, dimana tata telak isi blog sudah Responsive Blog, terdapat Related Article, dan memudahkan pengunjung untuk menyerap informasi-informasi yang ada.
Tampilan muka website :











4.1.1        Accessibility dalam Search Engine

Faktor penting berikutnya dalam pembuatan website adalah search engine atau mesin pencarian. Dengan adanya fitur pencarian ini user dapat dengan mudah mencari informasi apa yang diinginkan dalam website yang user kunjungi tanpa harus membuang-buang waktu. Hanya dengan memasukan kata kunci user sudah dapat menemukan informasi yang user inginkan.
Search Engine saat ini sudah menjadi fitur standar dari setiap web browser baik di PC, laptop, ataupun smartphone. Search Engine juga dapat digunakan dengan mudah setiap saat. Ketika user melakukan pencarian pada sebah search engine, user akan memperoleh hasil yang beravariasi, mulai dari link, bentuk file seperti PDF dan word, ataupun format lainnya. Search engine bekerja dengan mengurutkan keakuratan informasi antara keyword yang dimasukkan dengan isi dari sebuah halaman website.

4.1.1.1  Pengertian Search Engine

Sebenarnya, pengertian search engine tidak terlalu banyak disinggung oleh para ahli, karena definisi dari search engine yang sebenarnya cukup simple dan mudah untuk dipahami. . Apabila diartikan secara harafiah, search engine atau mesin pencari merupakan sebuah software atau program komputer yang digunakan untuk melakukan pencarian data dan juga berkas yang tersimpan di dalam server dan juga database dari www, blog, ftp, publikasi, milis, dan juga portal.
Selain itu, search engine juga bisa diartikan sebagai sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu dalam mencari informasi di dalam sebuah jaringna internet. Lebih lanjut juga dikatakan bahwa search engine memiliki sebuah database elektronik yang berisi miliaran situs – situs yang ada di dunia untuk membantu menampilkan hasil pencarian secara maksimal.

4.1.1.2  Cara kerja search engine

Pada dasarnya, cara kerja search engine mirip seperti penggunaan perpustakaan elektronik, dimana ketika kita memasukan nama buku, maka seluruh data yang ada di dalam database muncul di dalam form hasil pencarian. Begitu pula dengan search engine. Bedanya adalah, search engine tersambung ke berbagai server dan juga database di seluruh dunia, untuk dapat memberikan banyaknya pilihan hasil yang direkomendasikan.
Ada dua kriteria pemberian hasil pencarian yang dilakukan oleh sebuah search engine, yaitu :
  • Relevansi antara keyword dengan isi dari sebuah halaman web, dan
  • Banyaknya pengunjung dari sebuah website.

Berdasarkan kriteria tersebut, maka search engine mampu untuk menampilkan halaman apa saja yang sesuai degnan topic yang dicari. Berikut ini adalah cara kerja dari search engine secara singkat :
  1. User memasukkan keyword atau pencarian pada search engine –
  2. Search engine akan melakukan perhitungan mengenai keyword yang diinginkan –
  3. Search engine akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan keyword, dari berbagai macam web yang tersedia
  4. User tinggal memilih web mana yang akan dikunjungi.

4.1.1.3  Contoh dari Searh Engine

Saat ini, penggunaan dari sebuah search engine memang sudah sangat umum digunakan secara luas. Hal ini pun kemudian didukung dengan berkembangnya beberapa search engine yang banyak digunakan. Berikut ini adalah beberapa contoh dari search enGooglegine yang banyak digunakan oleh user di seluuh dunia:
1. Google


Siapa yang tidak kenal dengan search engine yang satu ini? Ya, Google merupakan salah satu search engine terbesar yang paling banyak digunakan oleh user di seluruh dunia. Apabila membicarakan mengenai search engine, maka google adalah topic utamanya.
Saat ini, penggunaan dari Google sudah mencapai lebih dari bemiliar kali pencarian di seluruh dunia. Hal ini kemudian menimbulkan makna bahwa Google tahu segalanya, dan dapat dengan mudah membantu user dalam mencari tugas.
Yahoo Search2. Yahoo



Search engine kedua yang bisa anda kunjungi adalah Yahoo Search. Pada awalnya, yahoo search diperuntukan hanya untuk mencari bookmark yang ada di dalam internet, sehingga pencarian menggunakan Yahoo hanya menampilkan hasil berupa halaman yang sering dibookmark.
BingNamun demikian, hingga saat ini, penggunaan yahoo sama seperti google, meskipun dari segi penggunaan user dan juga penghasilan masih kalah jauh apabila dibandingkan dengan google.
3. Bing





Bing merupakan search engine lainnya yang saat ini mulai banyak digunakan. Bing merupakan keturunan dari MSN Search dan juga Live Search, yang merupakan program yang bernaung di bawah induk Microsoft, salah satu raksasa teknologi besar di dunia.
askNamun demikian, meskipun merupakan program yang dikembangkan oleh Microsoft, penggunaan Bing masih kalah juga dengan penggunaan Google sebagai search engine.
4. Ask



Ask.Com merupakan contoh search engine lainnya. Ask merupakan salah satu search engine yang mulai bangkit lagi sejak diciptakan pada tahun 1996 oleh Gerret Gruener dan juga David Warthen. Saat ini penggunaan search engine dengan menggunakan ask sudah mulai banyak digunakan oleh user internet di dunia.
Ke empat contoh search engine di atas adalah beberapa contoh search engine yang populer pada saat ini. Sebelum kejayaan dari google dan juga yahoo, sudah adala beberapa search engine lainnya yang sukses dan banyak digunakan pada era 1997, seperti Altavista, HotBot, Exite, InfoSeek dan juga Lycos.
Hingga sat ini, selain Google, Yahoo, Bing, dan juga Ask, masih ada beberapa search engine lainnya yang masih bertahan untuk keperluan tertentu.

4.1.1.4  Fungsi dan juga manfaat dari search engine

Fungsi utama dari sebuah search engine tentu saja untuk mencari informasi mengenai suatu topic. User cukup memasukkan topic atau keyword yang akan dicari, maka dalam sekejap berbagai halaman, mulai dari blog, website, milis, dan juga portal yang sesuai dengan kata kunci pencarian anda akan muncul. Selain itu, search engine juga memilki beberapa manfaat lainnya, seperti :
  • Membantu mengerjakan tugas
  • Menambah wawasan umum dari user
  • Monetize website (memanfaatkan teknik – teknik search engine optimization / SEO)
Terdapat contoh website dari jurang007.blogspot.co.id yang ada screenshoot dari search engine dalam google.com :
search.png
Dari gambar diatas, terlihat bahwa user sedang mencari dengan keyword “Kampus It Swasta Di Malang” dari search engine menggunakan google.com. website jurang007 terletak di urutan kedua dari halaman pertama. Dan dari sekitar 437.000 website yang bersaing tentang keyword tersebut.

4.1.1.5  Keunggulan dari search engine

Search engine sendiri, selain memiliki beberapa manfaat, juga memilki beberapa keunggulan yang dapat mempermudah pencarian user. berikut ini adalah beberapa keunggulan dari sebuah search engine :
  • Terintegrasi dengan miliaran website yang ada di dunia
  • Memiliki fitur safe search
  • Memiliki fitur custom search
  • Cepat dalam melakukan proses pencarian data (hanya sepersekian detik)
  • Pilihan informasi yang dihasilkan banyak dan focus pada satu topik

4.2  Dari Segi User Interface

            Dari segi interface website jurang007 dapat diamati menggunakan ragam dialog, yaitu :

4.2.1        Beban Informasi

                        Beban informasi merupakan penyampaian informasi kepada pengguna sesuai kebutuhan pengguna. Berikut adalah gambar tentang header :


Beban informasi pada website blog jurang007 adalah tentang teknologi, ilmu komputer, tutorial yang berkaitan dengan software dan hardware.

4.2.2        Penggelompokkan Menu dan Sub-Menu

Pengelompokkan ini bertujuan untuk mempermudah pengguna mengakses menu-menu tertentu. Pada website ini, pengelompokkan dilakukan berdasarkan kedekatan fungsionalitas kategori-kategori yang diberikan. Pengelompokkan menu ini terdiri dari sebelas bagian utama pada halaman home. Ada menu-menu tertentu yang jika kita click akan muncul sub-sub menu lainnya.
Pada bagian ini masih aman dari standar yang dipakai pada umumnya. Namun, jika kita sudah pernah mengunjungi sebelumnya bagian sub-menu terdalam, warna dari font ini tidak berubah. Kita bisa berulang-ulang mengunjungi bagian menu tersebut karena kita tidak diberi tanda bahwa sudah pernah ke bagian tersebut sebelumnya dan ditambah terdapat banyak sub-menu yang disediakan. Ini sangat memakan biaya dan waktu. Jadi, sebaiknya diberi tanda bahwa kita sudah pernah ke bagian sub-menu tersebut.


submenu.png
 









Screen resolution digunakan jika halaman website memenuhi layar komputer pengguna. Maka ketika pengguna mengakses halaman website tersebut pengguna harus menggeserkan scrolling kearah kanan dan kiri atau kearah atas dan bawah tentu saja hal ini kurang bagus dimata pengunjung. Namun website blog jurang007 ini cukup baik dalam memperhatikan faktor screen resolution ini, halaman website ini dibuat menggunakan ukuran yang dinamis, dimana pengunjung tidak perlu menggunakan scroll untuk melihat keseluruhan halaman website.
Tentu saja ini merupakan kelebihan dari website ini. Resolution harus bersifat responsive dan relative. Jika browser diperkecil atau resolusi 64 ataupun 32 tetap responsive, karena tampilan masih dapat fleksibel.








res.png
 
















Dari gambar diatas, dapat disimpulkan sehingga pengguna tidak perlu kwatir dengan adanya perbedaan resolusi.

Menu kontak biasanya disediakan oleh setiap website untuk mendapatkan pertanyaan, komentar, saran, dan kritik yang berguna bagi pengembang website tersebut. Website blog jurang007 juga menyediakan menu Contact Us.
komen.png



BAB V
PENUTUP
5.1  KESIMPULAN
Web  yang  desain minimalis dengan menggunakan responsive desain dapat beradaptasi  dengan  optimal  dalam perangkat  apapun  yang  digunakan  untuk mengaksesnya,  berupa  respon  secara otomatis  atau  penyesuaian  ukuran  web terhadap  ukuran  layar  perangkat  yang digunakan  sehingga  memberikan kenyamanan  pengguna  pada  saat mengakses  web yang berbeda resolusipun.
Keuntungan  penggunaan  responsive desain yang minimalis desain  bagi  pengembang  adalah pengembang  dapat  memperkuat kecepatan dan mempermudah untuk pengunjung yang sedang meng akses.
Tidak semua jenis website  yang dirancang akan  sesuai  menggunakan  responsive desain yang minimalis,  karena  jika  website  yang dibuat  mengutamakan  tampilan  gambar sebagai  desain  utama  website  tersebut maka  resource  atau  sumber  daya  yang digunakan oleh  mobile device  akan  sama dengan  yang  digunakan  oleh  komputer desktop  sehingga  dapat  berpengaruh terhadap  kecepatan  akses  ke  halaman website tersebut. Dalam kata lain menjadi lebih berat.



Daftar Pustaka


·         http://dailyhilman.blogspot.co.id/2014/12/analisa-website-pt-mayindo-tritunggal.html
·         http://rulie.ilearning.me/2013/10/20/konsep-website-minimalist-2/
·         http://dilihatya.com/1569/pengertian-search-engine-menurut-para-ahli
·         http://dosenit.com/software/search-engine/pengertian-search-engine
·         http://www.chaidir.web.id/mempercepat-ukuran-loading-blog-tool/
·         https://depampam.wordpress.com/2012/02/10/tugas-imk-analisis-web-terbaik-versi-dany/


Related Post:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Jurang007 di inbox anda:

2 komentar:

Hasan Zen said...

koncoku iki rek (y)

scolpaqer said...

bermanfaat sekali ini min, makasih sudah share...
lampu meja

Post a Comment

ads