PENGGUNAAN GRAFIK 2D PADA JFRAME

Halo sobat blogger, pada artikel kedua ini penulis Jurang007 akan menjelaskan tentang Penggunaan Grafik 2D pada JFrame. Agar tidak lama, langsung saja kita simak baik-baik.


Grafik dua dimensi (2D) menggunakan class yang terdapat pada java.awt.*, yaitu Canvas. Komponen Canvas tersebut dapat kita gunakan sebagai media gambar dua dimensi (2D).
Contoh pembuatan Grafik 2D Pada Frame pada program java :

//program Grafik 2D Pada Frame Pertama
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
//class Canvas
class grap11 extends Canvas{
      public void paint(Graphics g){
            //(x,y,width,height)
            g.drawRect(1,5,50,20);
            g.drawLine(35,50,100,70);
            //(x,y,width,height,arcwidth,archeight)
            g.drawRoundRect(1,50,30,40,5,100);
            g.setColor(Color.YELLOW);     //set warna
            g.drawOval(110,50,10,30);
            g.setFont(new Font("Tahoma",Font.ITALIC,20));
            g.drawString("0222500049",80,15);
           
            g.setColor(Color.BLUE); //set warna
            g.fillRect(1,110,30,20);
            g.fillOval(50,110,30,20);
      }
}
//class frame
class frame extends JFrame{
      Container conten = new Container();
      grap11 duaD = new grap11();
 


Apabila program di compile dan di run maka akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini :

Grafik Dua Dimansi (2D) dan JFrame
 

Sistem koordinat dalam pemrograman Java. Setiap unit diwakili dalam pixel.

Warna constants dan nilai RGB :
Metode pewarnaan dan relasi warna pada method Grafik:


import java.awt.*;
import javax.swing.*;
public class ShowColors extends JFrame {
      public ShowColors(){
            super( "Using colors" );
            setSize( 400, 130 );
            setVisible( true );
      }
// menggambar rectangle dan Strings dengan warna yang berbeda
public void paint( Graphics g ){// memanggil superclass method paint
      super.paint( g );
      // set gambar baru menggunakan warna – warna integer
      g.setColor( new Color( 255, 0, 0 ) );
      g.fillRect( 25, 25, 100, 20 );
      g.drawString( "Current RGB: " + g.getColor(), 130, 40 );
      // set gambar baru dengan warna – warna float
      g.setColor( new Color( 0.0f, 1.0f, 0.0f ) );
      g.fillRect( 25, 50, 100, 20 );
      g.drawString( "Current RGB: " + g.getColor(), 130, 65 );
      // set gambar baru dengan warna static warna object – object
      g.setColor( Color.BLUE );
      g.fillRect( 25, 75, 100, 20 );
      g.drawString( "Current RGB: " + g.getColor(), 130, 90 );
      // menampilkan nilai masing – masing dari RGB
      Color color = Color.MAGENTA;
      g.setColor( color );
      g.fillRect( 25, 100, 100, 20 );
      g.drawString( "RGB values: " + color.getRed() + ", " +
      color.getGreen() + ", " + color.getBlue(), 130, 115 );
} // end method paint
// eksekusi aplikasi
public static void main( String args[] ){
      ShowColors application = new ShowColors();
      application.setDefaultCloseOperation( JFrame.EXIT_ON_CLOSE );
}
} // end class ShowColors



Apabila program diatas di compile dan di run maka akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini :
 
Grafik Dua Dimensi (2D) dan JFrame
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
public class LinesRectsOvals extends JFrame {
// set judul bar window String dan dimensions
public LinesRectsOvals(){
super( "Drawing lines, rectangles and ovals" );
setSize( 400, 165 );
setVisible( true );
}
// menampilkan variasi garis, rectangles, dan ovals
public void paint( Graphics g ){
super.paint( g );  // memanggil superclass method paint g.setColor( Color.RED );
g.drawLine( 5, 30, 350, 30 );
g.setColor( Color.BLUE );
g.drawRect( 5, 40, 90, 55 );
g.fillRect( 100, 40, 90, 55 );
g.setColor( Color.CYAN );
g.fillRoundRect( 195, 40, 90, 55, 50, 50 );
g.drawRoundRect( 290, 40, 90, 55, 20, 20 );
g.setColor( Color.YELLOW );
g.draw3DRect( 5, 100, 90, 55, true );
g.fill3DRect( 100, 100, 90, 55, false );
g.setColor( Color.MAGENTA );
g.drawOval( 195, 100, 90, 55 );
g.fillOval( 290, 100, 90, 55 );
} // end method paint
public static void main( String args[] ){
// execute application
LinesRectsOvals application = new LinesRectsOvals();
application.setDefaultCloseOperation( JFrame.EXIT_ON_CLOSE );
}
} // end class LinesRectsOvals
 
Apabila program di compile dan di run maka akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini :



 

Lebar dan tinggi Arc untuk rounded rectangles


Positif dan negatif derajat arc :


import java.awt.*;
import javax.swing.*;
public class DrawArcs extends JFrame {
public DrawArcs(){      // set window's title bar String and dimensions
super( "Drawing Arcs" );
setSize( 300, 170 );
setVisible( true );
}
public void paint( Graphics g ){    // draw rectangles and arcs
super.paint( g );  // call superclass's paint method
// start at 0 and sweep 360 degrees
g.setColor( Color.YELLOW );
g.drawRect( 15, 35, 80, 80 );
g.setColor( Color.BLACK );
g.drawArc( 15, 35, 80, 80, 0, 360 );
// start at 0 and sweep 110 degrees
g.setColor( Color.YELLOW );
g.drawRect( 100, 35, 80, 80 );
g.setColor( Color.BLACK );
g.drawArc( 100, 35, 80, 80, 0, 110 );
// start at 0 and sweep -270 degrees
g.setColor( Color.YELLOW );
g.drawRect( 185, 35, 80, 80 );
g.setColor( Color.BLACK );
g.drawArc( 185, 35, 80, 80, 0, -270 );
// start at 0 and sweep 360 degrees
g.fillArc( 15, 120, 80, 40, 0, 360 );
// start at 270 and sweep -90 degrees
g.fillArc( 100, 120, 80, 40, 270, -90 );
// start at 0 and sweep -270 degrees
g.fillArc( 185, 120, 80, 40, 0, -270 );
} // end method paint
// execute application
public static void main( String args[] ){
DrawArcs application = new DrawArcs();
application.setDefaultCloseOperation( JFrame.EXIT_ON_CLOSE );
}
} // end class DrawArcs


Apabila program di compile dan di run maka akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini :
 



Apabila program di compile dan di run maka akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini :

Nah, cukup sekian dari penulis untuk artikel ini. Ditunggu artikel selanjutnya ya. By Jurang007.Terimakasih atas kunjungannya.







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel