Facebook Twitter
Gratis berlangganan artikel jurang007 via mail, join sekarang!

a-ads

a-ads

Tuesday, November 24, 2015

1
SEKILAS MENGENAI PEMROGRAMAN JAVA GUI

Apakah Agan ingin berbagi ?

Apakah Agan suka Artikel ini ?



Selamat pagi sobat blogger. Kali ini penulis akan menjelaskan tentang Sekilas Mengenai Pemrograman Java GUI. Langsung saja di sedot.
Pembahasan Bahasa Pemrograman Java – GUI, yang ada dihadapan Anda sekarang, menggunakan bahasa pemrograman java standard J2SDK yang dikembangkan oleh Sun Microsystem (www.sun.com).
Selain pembahasan ini disusun menggunakan konsep praktek langsung (learning by doing) yang dilengkapi pembahasan contoh program dengan menggunakan beberapa objek java, lengkap dengan pembahasannya.
Harapannya, pembahasan ini mengantarkan pembaca mampu mengembangkan program GUI (Graphical User Interface) layaknya form dan objek lainnya. Sekaligus dapat digunakan dalam form, grafik 2 (dua) dimensi, event handling, error handling, file akses, multi threading, dan database (MySQL).
Dikarenakan pembahasan ini diperuntukan pada pembaca yang sudah mengenal dasar – dasar algoritma dan dasar – dasar bahasa pemrograman java (Java Fundamental).

GUI (Graphical User Interface)
Pertanyaan mendasar mengenai penggunaan tampilan (GUI) dalam program adalah seberapa penting hal itu dilakukan. Bukankah program sudah berjalan sesuai dengan permintaan ? Pertanyaan itu biasanya menghantui setiap pengembangan program (programmer) pada saat membuat program. Tentu saja kepentingan penggunaan tampilan akan berpulang pada penempatan program itu sendiri. Untuk program yang hanya ditempatkan pada sisi komputer server yang jarang berinteraksi dengan pengguna, maka fungsi dasar program dirasa cukup memadai. Tetapi apabila program tersebut diperkirakan akan banyak berinteraksi dengan pengguna, maka ada baiknya jika program menggunakan tampilan.
Beberapa alasan bahwa program harus menggunakan tampilan, yaitu :
v  Dengan tampilan, program akan nampak jauh lebih menarik.
v  Interaktif.
v  User Friendly atau mudah dalam penggunaannya.
v  Dapat berinteraksi dengan peralatan seperti mouse, keyboard, joystick, dan peralatan lainnya.
Jika pengembang program peduli terhadap tampilan, biasanya program yang dihasilkan akan lebih diterima oleh pengguna. Bahkan sering karena tampilan yang menarik, program itu memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan program lain dengan tampilan sederhana.
Saat ini, terdapat beberapa model JFrame GUI yang dapat digunakan saat mengembangkan program java yaitu java.awt.* dan javax.swing.*.
Di dalam materi ini, untuk tampilan GUI, menggunakan javax.swing.*, yaitu JFrame, JLabel, JTextField, JRadioButton, JCheckBox, JComboBox, JTextArea, JSlider, JMenuBar, JPopUpMenu, JMenu, JMenuItem, dan tools lainnya.

Frame
            Saat ini kita membuat program java GUI, yang pertama kali kita kuasai adalah penggunaan JFrame. JFrame digunakan untuk mendesain model tampilan yang di dalamnya dapat kita tempatkan komponen – komponen lainnya.
Contoh penggunaan tampilan Frame pada program java :

//program pertama
//tidak menggunakan construktor
import javax.swing.JFrame;
class Frame1{
     public static void main(String[]args){
          JFrame tampil = new JFrame(); 
          tampil.show();
     }
} 
atau dapat juga di program dua :


//program kedua
//menggunakan construktor
import javax.swing.JFrame;
class Frame21 extends JFrame{                                                                                                                          
      Frame21(){        //constructor
            show();
      }
}
class Frame22{
      public static void main(String[]args){
            new Frame21();
      }
}


Apabila kedua program di compile dan di run maka akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini :


Gambar 1 : JFrame

Jika kita perhatikan dengan seksama, frame yang sudah kita buat dan kita jalankan tadi, tidak dihapus dari memori komputer kita walaupun kita sudah menutupnya dengan mengklik tombol close. Hal ini disebabkan karena java memberlakukan metode HIDE_ON_CLOSE pada saat sebuah windows di close, bukannya EXIT_ON_CLOSE.
Untuk itu pada berikut kita akan melihat metode setDefaultCloseOperation(int), yang digunakan untuk menentukan aksi pada saat sebuah frame ditutup. Java menyediakan empat konstanta yang bisa dipilih, untuk aksi yang dilakukan :
1.     DO_NOTHING_ON_CLOSE (didefinisikan di WindowConstant) Menyatakan bahwa tidak ada proses yang akan dilakukan. Dengan kata lain frame tersebut tidak ditutup. Hal ini pada suatu kondisi perlu dimana frame dicegah dari tindakan ditutup tanpa sengaja.
2.     HIDE_ON_CLOSE (didefinisikan di WindowConstant) Menyatakan bahwa frame akan dihilangkan dari layar, bukan dari memori. Dan merupakan nilai default dari setDefaultCloseOperation().
3.     DISPOSE_ON_CLOSE (didefinisikan di WindowConstant) Menyatakan bahwa frame akan dihilangkan dari layar dan dari memori komputer.
EXIT_ON_CLOSE (didefinisikan di JFrame) Menyatakan bahwa penutupan frame ini akan menyebabkan keseluruhan program ditutup dan dihapus dari memori. Gunakan konstanta ini pada tempat yang tepat, misalnya kita membuat program yang membuka beberapa frame, maka jangan gunakan pada sembarang frame tersebut. Gunakan pada frame yang benar – benar akan menutup dan kembali kesistem.

Untuk membuat frame dengan tulisan “AMIK Pakarti Luhur” pada posisi x=10 dan y=100, lebar=300 dan tinggi=200, Resizable false, dan akan terhapus di alokasi memory setelah aplikasi ditutup seperti pada gambar 2 berikut ini :
//program ketiga
import javax.swing.*;
class frame62 extends JFrame
{
      frame62()
      {
            super("AMIK Pakarti Luhur");
            setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
            this.setLocation(10,100);
            this.setSize(300,200);
            setResizable(false);
           
            show();
      }
}
class frame61
{
      public static void main(String[]args)
      {
            new frame62();
      }
}
 


Apabila kedua program di compile dan di run maka akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini :


Gambar 2 : JFrame dan Property
 Nah, cukup sekian pengertian atau penjelasan Sekilas Mengenai Pemrograman JAVA GUI. Ini adalah artikel pertama dari penulis, semoga bermanfaat. Mohon tunggu artikel selanjutnya yang pastinya juga mengenai tentang pemrograman java dan pastinya adalah ilmu komputer di blog Jurang007.




Related Post:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Jurang007 di inbox anda:

1 komentar:

gholitreri said...

lengkap sekali min ini artikelnya, makasih sudah share...
blower hp

Post a Comment

ads