SEKILAS MENGENAI PEMROGRAMAN JAVA GUI
Tuesday, November 24, 2015
Edit
Selamat pagi sobat blogger. Kali ini penulis akan menjelaskan tentang Sekilas Mengenai Pemrograman Java GUI. Langsung saja di sedot.
Pembahasan
Bahasa Pemrograman Java – GUI, yang ada dihadapan Anda sekarang, menggunakan
bahasa pemrograman java standard J2SDK yang dikembangkan oleh Sun Microsystem (www.sun.com).
Selain
pembahasan ini disusun menggunakan konsep praktek langsung (learning by
doing) yang dilengkapi pembahasan contoh program dengan menggunakan
beberapa objek java, lengkap dengan pembahasannya.
Harapannya,
pembahasan ini mengantarkan pembaca mampu mengembangkan program GUI (Graphical
User Interface) layaknya form dan objek lainnya. Sekaligus dapat digunakan
dalam form, grafik 2 (dua) dimensi, event handling, error handling, file akses,
multi threading, dan database (MySQL).
Dikarenakan
pembahasan ini diperuntukan pada pembaca yang sudah mengenal dasar – dasar
algoritma dan dasar – dasar bahasa pemrograman java (Java Fundamental).
GUI
(Graphical User Interface)
Pertanyaan
mendasar mengenai penggunaan tampilan (GUI) dalam program adalah seberapa
penting hal itu dilakukan. Bukankah program sudah berjalan sesuai dengan
permintaan ? Pertanyaan itu
biasanya menghantui setiap pengembangan program (programmer) pada saat
membuat program. Tentu
saja kepentingan penggunaan tampilan akan berpulang pada penempatan program itu
sendiri. Untuk program yang hanya ditempatkan pada
sisi komputer server yang jarang berinteraksi dengan pengguna, maka fungsi
dasar program dirasa cukup memadai. Tetapi
apabila program tersebut diperkirakan akan banyak berinteraksi dengan pengguna,
maka ada baiknya jika program menggunakan tampilan.
Beberapa
alasan bahwa program harus menggunakan tampilan, yaitu :
v
Dengan tampilan, program akan nampak jauh
lebih menarik.
v
Interaktif.
v
User Friendly
atau mudah dalam penggunaannya.
v
Dapat berinteraksi dengan peralatan seperti
mouse, keyboard, joystick, dan peralatan lainnya.
Jika
pengembang program peduli terhadap tampilan, biasanya program yang dihasilkan
akan lebih diterima oleh pengguna. Bahkan sering karena tampilan yang menarik,
program itu memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan program lain
dengan tampilan sederhana.
Saat ini, terdapat beberapa model JFrame GUI yang
dapat digunakan saat mengembangkan
program java yaitu java.awt.* dan javax.swing.*.
Di
dalam materi ini, untuk tampilan GUI, menggunakan javax.swing.*,
yaitu JFrame, JLabel, JTextField, JRadioButton,
JCheckBox, JComboBox, JTextArea, JSlider,
JMenuBar, JPopUpMenu, JMenu, JMenuItem,
dan tools lainnya.
Frame
Saat
ini kita membuat program java GUI, yang pertama kali kita kuasai adalah
penggunaan JFrame. JFrame digunakan untuk mendesain
model tampilan yang di dalamnya dapat kita tempatkan komponen – komponen
lainnya.
Contoh
penggunaan tampilan Frame pada program java :
atau dapat juga di program dua ://program pertama//tidak menggunakan construktorimport javax.swing.JFrame;class Frame1{public static void main(String[]args){JFrame tampil = new JFrame();tampil.show();}}
//program kedua//menggunakan construktorimport javax.swing.JFrame;class Frame21 extends JFrame{Frame21(){ //constructorshow();}}class Frame22{public static void main(String[]args){new Frame21();}}
Apabila kedua program di
compile dan di run maka akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini :
Gambar 1 : JFrame
Jika kita perhatikan dengan seksama, frame yang
sudah kita buat dan kita jalankan tadi, tidak dihapus dari memori komputer kita
walaupun kita sudah menutupnya dengan mengklik tombol close. Hal ini disebabkan
karena java memberlakukan metode HIDE_ON_CLOSE pada saat sebuah windows
di close, bukannya EXIT_ON_CLOSE.
Untuk itu pada berikut kita akan melihat metode setDefaultCloseOperation(int),
yang digunakan untuk menentukan aksi pada saat sebuah frame ditutup. Java
menyediakan empat konstanta yang bisa dipilih, untuk aksi yang dilakukan :
1. DO_NOTHING_ON_CLOSE
(didefinisikan di WindowConstant) Menyatakan bahwa tidak ada proses yang akan dilakukan.
Dengan kata lain frame tersebut tidak ditutup. Hal ini pada suatu kondisi perlu
dimana frame dicegah dari tindakan ditutup tanpa sengaja.
2. HIDE_ON_CLOSE
(didefinisikan di WindowConstant) Menyatakan bahwa frame akan
dihilangkan dari layar, bukan dari memori. Dan merupakan nilai default dari setDefaultCloseOperation().
3. DISPOSE_ON_CLOSE
(didefinisikan di WindowConstant) Menyatakan bahwa frame akan
dihilangkan dari layar dan dari memori komputer.
EXIT_ON_CLOSE
(didefinisikan di JFrame) Menyatakan bahwa penutupan frame ini akan
menyebabkan keseluruhan program ditutup dan dihapus dari memori. Gunakan
konstanta ini pada tempat yang tepat, misalnya kita membuat program yang
membuka beberapa frame, maka jangan gunakan pada sembarang frame tersebut.
Gunakan pada frame yang benar – benar akan menutup dan kembali kesistem.
Untuk membuat frame dengan
tulisan “AMIK Pakarti Luhur” pada posisi x=10 dan y=100,
lebar=300 dan tinggi=200, Resizable false, dan akan terhapus di alokasi
memory setelah aplikasi ditutup seperti pada gambar 2 berikut ini :
//program ketigaimport javax.swing.*;class frame62 extends JFrame{frame62(){super("AMIK Pakarti Luhur");setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);this.setLocation(10,100);this.setSize(300,200);setResizable(false);show();}}class frame61{public static void main(String[]args){new frame62();}}
Apabila kedua program di
compile dan di run maka akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini :
Gambar 2 : JFrame dan
Property
Nah, cukup sekian pengertian atau penjelasan Sekilas Mengenai Pemrograman JAVA GUI. Ini adalah artikel pertama dari penulis, semoga bermanfaat. Mohon tunggu artikel selanjutnya yang pastinya juga mengenai tentang pemrograman java dan pastinya adalah ilmu komputer di blog Jurang007.