Contoh Makalah Tentang Dampak Negatif dari Kemalasan Mahasiswa Dalam Melaksanakan Tugas



Inilah cuplikan atau potongan tentang Contoh Makalah Tentang Dampak Negatif dari Kemalasan Mahasiswa Dalam Melaksanakan Tugas.
Langsung saja kita lihatcuplikan makalah.  

Membuat Makalah Karangan Bahasa Indonesia Tentang Kampus


Disusun
Oleh:

M.Aris Firmansyah
14.52.0038




PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA


KEMENTRIAN RISTEK DAN PENDIDIKAN TINGGI
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER PPKIA PRADNYA PARAMITA MALANG
2015


Dampak Negatif dari Kemalasan Mahasiswa Dalam Melaksanakan Tugas
BAB I

1.      Tema   : STMIK PPKIA Pradnya Paramita Malang
2.      Topik   : Kemalasan Mahasiswa Dalam Melaksanakan Tugas.
3.       Judul  : Dampak Negatif dari Kemalasan Mahasiswa Dalam Melaksanakan Tugas.
4.      Tujuan : Mencegah dan Mengatasi Supaya Mahasiswa Menjadi tidak Malas dalam Melaksanakan Tugas.
5.      Tesis    : Mahasiswa pada umumnya mendapat kesulitan dalam melaksanakan tugas karena beberapa faktor, seperti malas karena beban tugas terlalu berat ataupun banyak. Kedua faktor tersebut yang sering menjadi alasan mahasiswa yang malas mengerjakan tugas.
6.      Kerangka Karangan.
a.       Pengertian Kemalasan Mahasiswa dalam Melaksanakan Tugas.
b.      Pentingnya Tugas Dalam Perkuliahan.
2.1  Pentingnya Tugas Dari Segi Dosen.
2.1.1        Menumbuhkan Minat Mahasiswa Menguasai Perkuliahan.
2.1.2        Meng-Implementasikan mahasiswa dalam materi perkuliahan.
2.1.3        Menumbuhkan keaktifan dalam melaksanakan perkuliahan.
2.2  Pentingnya Tugas Dari Segi Mahasiswa.
2.2.1        Mahasiswa Lebih Aktif Dalam Perkuliahan.
2.2.2        Mahasiswa Lebih Siap Dalam Melaksanakan Ujian.
2.2.3        Mahasiswa Lebih Memahami Tentang Pentingnya Tugas dalam Perkuliahan.
2.2.4        Menambah Nilai Mahasiswa.
2.2.5        Memperluas pengetahuan mahasiswa dalam materi yang diberikan.
c.       Solusi Mengatasi Supaya Mahasiswa Lebih Rajin Dalam Melaksanakan Tugas.
3.1 Memperbanyak membaca dan mendalami tugas yang diperoleh.
3.2 Sering sharing dengan teman akan adanya tugas.
3.3 Menemukan inspirasi untuk mendapatkan nilai yang lebih baik.
3.4 Melakukan persaingan dengan mahasiswa lain untuk menjadi motivasi dalam melaksanakan tugas dalam perkuliahan.
3.5 Mengubah sudut pandang pemahaman tugas dalam perkuliahan.


BAB II

A.    Pengertian Kemalasan Mahasiswa dalam Melaksanakan Tugas.
Kemalasan mahasiswa adalah hal yang pernah terjadi di kalangan perkuliahan. Utamanya disini dibahas tentang kemalasan mahasiswa dalam melaksanakan tugas. Tugas merupakan kebutuhan yang penting untuk mendapatkan nilai tambahan dari dosen. Akan tetapi mahasiswa sering menyepelehkan tugas dari sudut pandang yang berbeda.
Ada mahasiswa yang mengerjakan tugas dengan terpaksa dan ada yang tidak mengerjakan karena beberapa faktor. Malas karena faktor beban tugas terlalu berat ataupun  faktor banyaknya tugas yang diberikan. Karena faktor - faktor tersebut mahasiswa banyak yang mengalami kemalasan dalam melaksanakan tugas.
d.      Pentingnya Tugas Dalam Perkuliahan.
2.3  Pentingnya Tugas Dari Segi Dosen.
2.3.1        Menumbuhkan Minat Mahasiswa Menguasai Perkuliahan.
Mahasiswa mampu menguasai perkuliahan yang telah diikuti adalah sebuah penguasaan yang secara langsung dapat menumbuhkan minat untuk mengerjakan tugas yang telah diperoleh. Dari segi minat mahasiswa mengerjakan tugas tersebut pasti dapat menjadi sebuah nilai positif dalam perkuliahan.
2.3.2        Meng-Implementasikan mahasiswa dalam materi perkuliahan.
Meng-implementasikan materi dalam perkuliahan supaya lebih memahami apa yang dipelajari pada materi tersebut. Dengan memahami dan menerapkan materi dalam perkuliahan, mahasiswa dapat mengerjakan tugas dengan mudah, karena mahasiswa sudah memahami materi yang telah didapatkan.
2.3.3        Menumbuhkan keaktifan dalam melaksanakan perkuliahan.
Menumbuhkan keaktifan mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan yang sedang dipelajari.  Membuat mahasiswa lebih aktif adalah salah satu cara untuk menunjang mahasiswa supaya tidak malas dalam melaksanakan perkuliahan. Jika mahasiswa menjadi aktif, pasti mahasiswa memahami materi yang telah diberikan oleh dosen. Sehubungan dengan tugas yang diberikan oleh dosen, karena dengan sifat aktif dapat membuat mahasiswa mengerjakan tugas dengan mudah. Ada banyak cara yang diterapkan dosen untuk menunjang mahasiswa menjadi lebih aktif, contohnya ada sesi tanya jawab setelah materi yang disampaikan dosen.
2.4  Pentingnya Tugas Dari Segi Mahasiswa.
2.4.1        Mahasiswa Lebih Aktif Dalam Perkuliahan.
Mahasiswa harus lebih aktif dalam mengikuti perkuliahan. Karena dengan kesadaran mahasiswa untuk aktif, pasti banyak segi positif untuk menumbuhkan tingkat minat untuk mengikuti materi perkuliahan dengan sungguh – sungguh. Meskipun dosen berusaha menumbuhkan keaktifan mahasiswa, tapi jika mahasiswa tidak memberikan imbal balik kepada dosen berarti juga tidak ada hasil yang diperoleh. Karena keaktfan tersebut tergantung mahasiswa yang bersangkutan.
2.4.2        Mahasiswa Lebih Siap Dalam Melaksanakan Ujian.
Sehubungan dengan tugas, ujian lebih berperan penting terhadap cara belajar mahasiswa. Karena ujian lebih berpengaruh terhadap pengetahuan yang telah diperoleh mahasiswa. Akan tetapi mahasiswa harus dapat mengerjakan tugas. Dengan adanya tugas, mahasiswa menjadi lebih memahami materi perkuliahan yang telah dipelajari. Tidak hanya itu, mahasiswa juga belajar untuk mempelajari dan menjawab latihan dari tugas sebelum menghadapi ujian.
2.4.3        Mahasiswa Lebih Memahami Tentang Pentingnya Tugas dalam Perkuliahan.
Mahasiswa harus lebih memahami tentang pentingnya tugas dalam perkuliahan. Karena mahasiswa jaman sekarang, tugas dikerjakan untuk memperoleh nilai tambahan atau untuk beban yang kurang berat. Seharusnya mahasiswa memahami lebih banyak pentingnya tugas dalam perkuliahan. Karena dengan adanya tugas, mahasiswa dapat lebih memahami dan mengetahui materi yang dipelajarinya. Dengan tugas juga mahasiswa belajar menjadi lebih mandiri dan belajar berkelompok untuk menyelesaikan tugas tersebut. Banyak sisi positif yang diperoleh karena mahasiswa berusaha ingin lebih memahami tentang pentingnya tugas tersebut.
2.4.4        Menambah Nilai Mahasiswa.
Nilai merupakan kebutuhan utama mahasiswa jaman sekarang. Akan tetapi jika nilai ujian kurang memuaskan, pasti tugas sangat berpengaruh untuk menambah nilai. Meskipun tugas kurang berpengaruh tentang nilai, tetapi setidaknya tugas dapat menambah nilai pada saat nilai ujian kurang memuaskan dan pasti menjadi pertimbangan untuk mendapatkan nilai tambahan. Maka dari itu, tugas tidak boleh disepelehkan dalam perkuliahan.
2.4.5        Memperluas pengetahuan mahasiswa dalam materi yang diberikan.
Tugas bukan hanya untuk tujuan menambah nilai. Akan tetapi juga dapat memperluas pengetahuan mahasiswa dalam memperoleh materi yang telah diberikan. Karena dengan tugas, mahasiswa dapat memahami lebih banyak tentang pelajaran yang telah dilaksanakan. Karena tugas pasti mendorong mahasiswa mendapatkan ilmu lebih banyak tentang materi perkuliahan. Maka dari itu, pengetahuan mahasiswa juga berpengaruh untuk dapat mengerjakan tugas.
e.        Solusi Mengatasi Supaya Mahasiswa Lebih Rajin Dalam Melaksanakan Tugas.
3.1 Memperbanyak membaca dan mendalami tugas yang diperoleh.
Solusi untuk mengatasi mahasiswa supaya lebih rajin dalam melaksanakan tugas salah satunya adalah memperbanyak membaca dan mendalami tugas yang diperoleh. Semakin sering mahasiswa membaca, semakin banyak pula pengetahuan untuk menjadikan mahasiswa lebih rajin. Intinya dalam melaksanakan tugas.
3.2 Sering sharing dengan teman akan adanya tugas.
Sharing tentang pelajaran antar sesame mahasiswa akan menciptakan mahasiswa menjadi lebih rajin dalam pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh dengan adanya tugas. Dengan pemecahan masalah tugas yang lebih sulit, mahasiswa mampu memecahkan masalah soal tugas tersebut dengan bertukar pikiran atau yang disebut dengan sharing. Maka dari itu sharing juga dapat membuat mahasiswa menjadi lebih rajin untuk mengerjakan tugas.
3.3 Menemukan inspirasi untuk mendapatkan nilai yang lebih baik.
Menemukan inspirasi untuk mendapatkan nilai yang lebih baik. Hal ini dapat dilakukan dengan mengerjakan tugas dengan teman. Karena terkadang kepribadian mahasiswa merasa jenuh ketika belajar maupun mengerjakan tugas dengan sendirian. Dari sini dapat disimpulkan bahwa inspirasi dapat ditemukan ketika mahasiswa memiliki teman untuk belajar bersama dalam mengerjakan tugas.
3.4 Melakukan persaingan dengan mahasiswa lain untuk menjadi motivasi dalam melaksanakan tugas dalam perkuliahan.
Dalam dunia pendidikan terkadang pelajar saling bersaing untuk mendapatkan menjadi  yang terbaik. Baik dalam nilai maupun kegiatan yang dilaksanakan di Kampus STMIK PPKIA Pradnya Paramita. Contohnya mahasiswa diberikan tugas untuk Berlomba mendesain brosur Kampus dan memberikan nilai dan hadiah untuk mahasiswa yang hasilnya tersebut paling bagus. Dengan hal ini maka mahasiswa akan berlomba untuk melakukan yang terbaik dan bisa menjadi inspirasi untuk mengembangkan bakat mahasiswa.
3.5 Mengubah sudut pandang pemahaman tugas dalam perkuliahan.
Dalam mengembangkan pemahaman , mahasiswa memiliki cara tersendiri. Mungkin dengan bersantai, berkumpul, maupun melalui konsultasi kepada Dosen yang bersangkutan. Karena banyak mahasiswa di STMIK PPKIA Pradnya Paramita yang kurang percaya diri dengan kemampuan dirinya sendiri. Maka, hal ini sangat efektif untuk dilakukan oleh setiap mahasiswa yang kurang percaya diri untuk mengembangkan kemampuannya dan mampu mengikuti perkuliahan sehari – hari dan mampu menyelesaikan tugas yang diemban oleh setiap mahasiswa yang malas mengerjakan tugas.

Sekian postingan darisaya. Selaku penulis mengucapkan terimakasih.
Salam Blogger by jurang007.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel