Memahami Penggunaan KeyListener dalam Pemrograman Java

Selamat pagi sobat blogger. Pada kali ini jurang007 sebagai penulis akan menulis posting sedikit membahas tentang Memahami Penggunaan KeyListener dalam Pemrograman Java. Karena blog ini juga baru saja dibuat atau update kembali, KeyListner. Semoga postingan kali ini dapat membantu para pembaca yang sedang mempelajari atau mendalami Pemrograman Java. Untuk Lebih lanjutnya agar langsung saja kita bahas.

Pengantar untuk pemahaman :
Pada bagian ini, pembaca akan belajar bagaimana menangani peristiwa kunci yang berbeda pada komponen AWT Java dengan menggunakan penanganan event di Java. Ketika program yang diberikan dieksekusi maka Anda akan melihat beberapa kejadian kunci tersebut diterapkan pada komponen seperti tombol ditekan, lepaskan tombol dll.
Semua peristiwa penting akan ditangani melalui Interface KeyListener yang telah diimplementasikan di kelas utama dari program ini.

Deskripsi untuk program ini:
Dalam program ini, Anda akan melihat bagaimana untuk menampilkan penekanan tertentu pada frame sesuai dengan kejadian tersebut. Ketika Anda menekan tombol maka pesan "Key Pressed" akan terlihat pada frame dan jika ketika Anda berhenti menekan tombol maka pesan "Key Released" akan terlihat.  Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan interface KeyListener. Ini akan menghasilkan KeyEvent dan Anda bisa cek cara yang tepat dengan menggunakan metode yang berbeda seperti keyTyped(), keyPressed() dan keyReleased() metode yang digunakan untuk mengambil cara tertentu yang dihasilkan.
Berikut ini adalah kode program ini:
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
 
public class KeyListenerTester extends Frame implements KeyListener

{ TextField t1;
  Label l1;
  
  public KeyListenerTester(String s )
  {  super(s);
    Panel p =new Panel();
    l1 = new Label ("Key Listener!" ) ;
    p.add(l1);
    add(p);
    addKeyListener ( this ) ;
    setSize ( 200,100 );
    setVisible(true);
    addWindowListener(new WindowAdapter()
    { public void windowClosing(WindowEvent e)
      {System.exit(0);
      }
    });
   }
public void keyTyped ( KeyEvent e )
  {l1.setText("Key Typed");
  }
  public void keyPressed ( KeyEvent e)
  {l1.setText ( "Key Pressed" ) ;
  }
  public void keyReleased ( KeyEvent e )
  {l1.setText( "Key Released" ) ;
 }
  public static void main (String[]args )
  {new KeyListenerTester ( "Key Listener Tester" ) ;
  }
}
Berikut ini adalah hasil keluarannya : 
 Gambar KeyListener

Nah, itulah nanti hasil keluaran dari source code yang di compile. Sepertinya cukup sekian dulu untuk penjelasan dari Memahami Penggunaan KeyListener dalam Pemrograman Java yang saya jelaskan. Lebih lanjutnya dalam pemrograman java lain waktu akan saya posting dalam artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat meskipun hanya sedikit penjelasan tentang KeyListner ini. Saya jurang007 selaku penulis sangat berterimakasih atas perhatian pembaca karena mau melihat dan membaca sampai selesai dan mau mengunjungi blog saya yangmasih baru beberapa artikel  ini. Wassalamualaikum Wr.Wb.
Salam blogger by : Jurang007.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel