Panduan Lengkap Membuat Blog di Blogspot


Blog adalah sebuah media informasi online yang banyak digemari oleh orang-orang. Pada zaman sekarang, banyak orang yang sudah membaca blog daripada membaca koran. Itu karena blog mudah diakses, tinggal cari di internet langsung banyak blog yang bisa dijumpai.


Oleh karena itu, banyak orang yang mengambil peluang tersebut dengan cara membuat blog agar karyanya bisa dibaca banyak orang. Sang blogger (penulis blog) pasti merasa bangga dan bahagia apabila mengetahui kalau karya tulis nya dilihat banyak orang, dan banyak yang suka dengan karyanya.

Orang yang suka dengan sebuah artikel biasanya men “subscribe” sebuah blog agar dia tidak ketinggalan postingan terbaru dari blog yang dicintainya.


Semua blogger pasti sangat senang ketika banyak orang yang melihat tulisannya. Tidak ada blogger yang tidak senang ketika tulisannya dilihat banyak orang. Kalau anda ingin membuat blog agar tulisan anda bisa dilihat banyak orang namun anda tidak mengetahui cara-cara membuat blog, tenang saja tidak perlu khawatir.


Karena itulah yang akan dibahas kali ini...

Di artikel ini akan dibahas tentang cara membuat blog yang bisa langsung diterapkan di PC anda, ataupun di smartphone anda...

Langsung bisa diterapkan.

Tidak percaya ?

Buktikan sendiri...

Oke langsung saja kita bahas ya.


1.  Kunjungi Situs www.blogger.com
Untuk yang baru mengenal dunia blog, situs blogger.com mungkin merupakan situs yang masih asing dan awam. Karena situs ini merupakan situs tempat membuat blog.

Sebenarnya tidak hanya blogger.com sih, ma
sih ada wordpress.com, tumblr.com, dan lain lain.

Namun, yang akan saya bahas di artikel ini adalah cara membuat blog di blogger.com / blogspot.

Jika anda sudah masuk blogger.com, maka anda akan menjumpai tampilan seperti ini...


Jika anda menjumpai tampilan seperti di atas, maka klik kotak berwarna oranye yang bertuliskan “CREATE YOUR BLOG”. Itu artinya, anda akan memasuki proses pembuatan blog.

Jika anda sudah meng klik tombol berwarna oranye tersebut, maka anda akan menjumpai halaman seperti di bawah ini.

Anda disuruh memasukkan email yang anda miliki di kolom yang bertuliskan “Masukkan email”. Setelah itu, klik tombol “Berikutnya”.

Setelah itu, anda akan menjumpai halaman yang hampir sama dengan yang di atas. Anda harus memasukkan password yang anda tuliskan saat anda mendaftar.

Namun, apabila anda belum memiliki email, anda bisa klik tulisan “Buat Akun” untuk membuat email terlebih dahulu supaya bisa dimasukkan ke blogger.

Jika anda sudah memasukkan emal dan password dengan benar, maka ada tampilan yang kurang lebih seperti ini...

Tidak usah ambil pusing dengan banyaknya tulisan yang berkumpul di atas. Anda hanya tinggal menekan tulisan “I AGREE” atau yang berarti “Saya Setuju”. Kalau anda tidak menemukan tulisan “I AGREE”, coba anda scroll ke bawah.

Biasanya, tulisan tersebut letaknya di bawah sendiri.

Nah, setelah itu akan tampil halaman seperti di bawah ini...

Klik tulisan “Buat Profil Blogger Terbatas” untuk membuat blog. Untuk tombol “Buat Profil Google+” itu tidak usah diisi tidak apa-apa. Atau, untuk tombol “Buat Profil Google+” diisi setelah membuat blog juga tidak apa-apa.

Nah, jika anda sudah menekan tombol “Buat Profil Blogger Terbatas”, maka muncul halaman seperti di bawah ini...
Isi kolom tersebut, bisa dengan nama anda. Intinya kolom tersebut untuk tempat memasukkan nama penulis blog tersebut.

Setelah selesai, klik tombol “Blog Baru”.

Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini...
Anda bisa isi kolom ‘Judul’ dengan judul blog yang akan anda buat. Sedangan kolom ‘Alamat’ untuk situs blog yang akan anda buat. Misal jurang007.blogspot.com, maka jika anda mengetikkan jurang007.blogspot.com di address bar, langsung muncul blog anda.

Jika keluar gambar centang dan berwarna biru, maka anda bisa memakai alamat blog di atas. Namun, jika keluar gambar silang dan berwarna kuning, itu artinya alamat tersebut sudah dipakai orang lain.


Sekian artikel tentang cara membuat blog di blogspot. Semoga bisa membantu orang-orang yang ingin membuat blog tapi tidak tahu cara membuatnya ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel